Thursday, 16 February 2017

Belajar Menjadi Ibu Profesional - Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Materi pekan ini makin keren....

Bagaimana mengoptimalkan potensi fitrah selama proses pendidikan anak dengan panduan Quran dan Sunnah. Penting untuk mencatat: fokus pada untuk apa anak-anak mempelajari sesuatu hal, bukan sekedar materi apa yang harus dipelajari anak-anak. Tugas orang tua adalah membimbing anak-anak menemukan misi spesifik hidupnya selama proses perkembangan fitrahnya.

a. Review Jurusan Ilmu di Universitas Kehidupan
Masih tetap konsisten menimba ilmu tentang Quran, Hadits dan Shiroh sebagai bekal menggandeng tangan anak-anak menuju surga

b. Review checklist harian
Lebih detail:
- Mendoakan anak-anak, suami dan ortu, terutama saat sholat Tahajud
- Murojaah ba'da Subuh
- Tilawah antara Magrib & Isya
- Mendengarkan lecture Nouman Ali ba'da Murojaah subuh dan menuliskan resumenya at least 2x sepekan
- Menuliskan lesson plan untuk belajar adik di TAUD tiap Senin pagi
- Menceritakan lima cerita per bulan untuk oleh-oleh mbak Qoni
- Story time untuk Shofiya dan Zaki antara Magrib & Isya
- Men-trigger ide Shofiya tiap Ahad pagi

c. Menetapkan peran hidup
- Misi besar: Menjadi manfaat untuk dunia sebagai amal kebaikan di akhirat
- Misi detail: Menggerakan potensi diri, anak-anak & suami untuk fokus pada pengajaran Quran sebagai cahaya hidup bagi lingkungan sekitar
- Peran: Pengelola TAUD Saqu Wonogiri

d. Ilmu penunjang
- Tahapan perkembangan fitrah anak
- Tahsin
- Tafsir
- Hadits & Siroh

e. Milestone
Sebagai dosen, milestone sudah didefinisikan pada research roadmap. Sekarang fokus pada penggunaan komposit bambu untuk energi terbarukan. Bagaimana menyebarkan teknologi ini seluas-luasnya. Harus bisa manage waktu untuk tetap fokus juga di TAUD, demi anak-anak, anak-anakku dan anak-anak bangsaku.


Nah, sekarang waktunya untuk konsisten, lakukan, lakukan, lakukan.........

Semoga catatan ini menjadi pengingat buat ibu yang menjejak di dua dunia, dan berharap suatu saat tidak ada lagi pemisah antar dua dunia ini.......






No comments:

Post a Comment